Notice: Undefined index: sub in /home/pestasains/htdocs/2011/article.php on line 10
Kompetisi - Pesta Sains Nasional 2011

Pesta Sains

Matematika Ria - MR 2013

2013-08-26 13:22:38


Pelaksana: Gugus Mahasiswa Matematika (GUMATIKA)
Ketua: Ahmad Syafi’ih

Penjelasan Umum
    Matematika merupakan induk dari berbagai disiplin ilmu yang memiliki cakupan sangat luas dan menyentuh hampir seluruh aspek kehidupan manusia. Oleh karena itu, penguasaan Matematika mutlak diperlukan sejalan dengan perkembangan dunia Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Matematika juga merupakan cara berpikir yang logis, sistematik, komperhensif, dan konsisten. Akan tetapi, sebagian besar kalangan mengasumsikan ilmu ini memiliki tingkat kesukaran tinggi, terutama di kalangan generasi muda. Hal inilah yang mengakibatkan banyak yang kurang berminat menekuni matematika secara dalam.
    Dalam rangka menumbuhkan minat dan ketertarikan pada matematika, khususnya siswa-siswi SMA se-Indonesia, Gugus Mahasiswa Matematika (GUMATIKA) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Institut Pertanian Bogor mencoba mengadakan suatu kompetisi matematika antar siswa-siswi SMA se-Indonesia. Kompetisi inilah yang disebut MATEMATIKA RIA. Gumatika akan mengundang sekolah-sekolah SMA di seluruh Indonesia untuk mengikuti kegiatan ini, dimana setiap sekolah akan mengirimkan perwakilan untuk mengikuti kompetisi ini. Siswa-siswi ini akan diseleksi atau diuji dalam bidang matematika. Seleksi ini akan dilakukan dengan 3 tahap, yaitu tahap penyisihan, tahap semifinal, dan tahap final. Peserta yang lolos ke tahap final dan mendapat nilai tertinggi akan menjadi pemenang pada kompetisi ini.
Manfaat Matematika Ria ini diantaranya ialah siswa-siswi SMA se-Indonesia dapat memperoleh informasi dan pemahaman yang lebih baik mengenai matematika serta menyalurkan minat dan potensi di bidang matematika.

Aturan Khusus
1. Bentuk lomba:
a. Penyisihan adalah tes tertulis berbentuk 12 soal isian singkat dan 3 soal essay yang dikerjakan secara individu.
b. Semifinal adalah tes tertulis berbentuk 7 soal essay yang dikerjakan secara individu.
c. Final berbentuk cepat tepat terdiri dari 20 soal dan 3 soal untuk dipersentasikan yang sebelumnya dipersiapkan dahulu selama waktu yang ditentukan.
2. Terdapat beberapa soal yang berbahasa inggris di babak penyisihan atau semifinal. Soal tersebut boleh dijawab dengan bahasa Indonesia ataupun bahasa inggris dengan bobot nilai yang sama.
3. Tidak diperkenankan menggunakan buku, catatan, kalkulator atau alat bantu hitung lainnya baik pada penyisihan, semifinal ataupun final.
4. Point penilaian:
a. Penyisihan: setiap soal isian singkat mempunyai bobot 3 point sedangkan setiap soal essay mempunyai bobot maksimum 12 point.
b. Semifinal: setiap soal essay mempunyai bobot maksimum 10 point.
5. Pelanggaran terhadap semua aturan akan didiskualifikasi.
6. Peserta yang telah menyelesaikan semua soal sebelum waktunya berakhir untuk setiap babak tidak boleh meninggalkan ruangan terlebih dahulu.
7. Bagi peserta yang sakit sebelum babak penyisihan dapat digantikan, tetapi peserta yang telah mengikuti babak penyisihan tidak dapat digantikan dengan alasan apapun.

Kisi-kisi Soal
1. Aljabar: Sistem bilangan real, sifat urutan, ketaksamaan, nilai mutlak, suku banyak (polinom), fungsi, sistem koordinat bidang, barisan dan deret, persamaan dan sistem persamaan.
2. Geometri: Hubungan antara garis dan titik, hubungan antara garis dan garis, bangun-bangun bidang datar, kesebangunan dan kekongruenan, sifat-sifat segitiga: garis istimewa, dalil Menelaus, dalil Ceva, dalil Stewart, relasi lingkaran dengan titik-garis-segitiga-segiempat-lingkaran, garis-garis yang melalui satu titik (konkuren), titik-titik yang segaris (kolinier), trigonometri (perbandingan, fungsi, persamaan, dan identitas) dan bangun-bangun ruang sederhana.
3. Kombinatorika: Prinsip pencacahan, prinsip rumah merpati (pigeonhole principle, prinsip Dirichlet) dan prinsip paritas
4. Teori bilangan: Sistem bilangan bulat, keterbagian, faktor persekutuan terbesar dan kelipatan persekutuan terkecil, relatif prima, algoritma Euclid, bilangan prima, teorema dasar aritmatika, persamaan dan sistem persamaan bilangan bulat dan fungsi tangga.

 

Informasi:
Untuk informasi lebih lanjut mengenai Matematika Ria 2013 dapat menguhubungi
Bilyan Ustazila (087839199374) - Twitter: @bilyanustazila

Lomba Cepat Tepat Biologi - LCTB 2013

2013-08-26 13:05:35


Pelaksana: Himpunan Mahasiswa Biologi
Ketua: Ahmad Suryadi

Penjelasan Umum
    Biologi adalah ilmu yang mempelajari makhluk hidup mulai dari proses biokimia di dalam sel sampai pada tingkat ekosistem, bahkan hingga ke perubahan alam secara global. Biologi saat ini berkembang pesat terutama penelitian di tingat molekuler yang terjadi di dalam sel seperti bagaimana kerja sel otak, komposisi gen, dan tahapan metabolisme. Kelangkaan sumber makanan pun memacu ahli biologi untuk menstimulasi atau memodifikasi suatu tumbuhan atau hewan untuk menghasilkan sumber makanan baru dalam waktu singkat. Penerapan ilmu biologi sangat luas dan dapat digunakan bagi ilmu kedokteran, kesehatan masyarakat, farmasi, pertanian, perikanan, peternakan, kehutanan bahkan sampai yang berhubungan dengan teknologi yaitu bioteknologi.
    Lomba Cepat Tepat Biologi (LCTB) adalah salah satu acara kmpetisi sains biologi bagi siswa/i SMA/sederajat se-Indonesia yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Biologi (Himabio) Institut Pertanian Bogor (IPB). LCTB sendirir merupakan subkompetisi dari Pesta Sains Nasional 2013 yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (BEM FMIPA) IPB. Acara ini bertjuan untuk meningkatkan minat dan partisipasi siswa/i SMA/sederajat dalam mempelajari dan mengembangkan ilmu biologi.

Peraturan Lomba Cepat Tepat Biologi (LCTB) 2013
1. Lomba ini terdiri dari tiga babak, yaitu babak penyisihan, babak semifinal dan babak final.
2. Satu tim terdiri atas 3 orang siswa/i SMA/MA se-derajat dari sekolah yang sama dan setiap sekolah dapat mengirimkan lebih dari satu tim.
3. Peserta wajib mematuhi peraturan yang telah ditetapkan panitia sesuai dengan peraturan pada peraturan umum.
4. Peserta diwajibkan membawa pensil 2B, pena berwarna hitam, dan papan alas untuk menulis.
5. Hasil dari babak final akan menentukan tim yang akan menjadi juara 1, 2 dan 3.
6. Beberapa soal dalam lomba menggunakan Bahasa Inggris.

Kisi-Kisi dan Presentase Soal LCTB
a. Biologi Sel Molekuler (10%): memahami mengenai mekanisme pemanenan energi, struktur sel, ekspresi gen (replikasi, translasi, transkripsi) dan genom.
b. Mikrobiologi dan Bioteknologi (10%): bakteri, virus, mikroorganisme lain yang menyebabkan penyakit, teknik dan manfaat kultur jaringan, aplikasi mikroba dalam kehidupan dan industry.
c. Biologi Cendawan (6%): cendawan dalam pertanian, cendawan patogen dan mikotoksin, budidaya jamur, ultrastruktur morfologi cendawan, cendawan pasca panen.
d. Anatomi dan Fisiologi Tumbuhan (18%): zat pengatur tumbuh (ZPT), adaptasi tumbuhan pada habitat khusus, interaksi tumbuhan dan mikroba, integrasi anatomi dan fisiologi selama perjalanan evolusi menuju kolonisasi ke habitat terrestrial dan metabolit sekunder tumbuhan.
e. Anatomi dan Fisiologi Hewan (17%): alat indera, sistem sirkulasi, reproduksi, dan sistem endokrin animalia.
f. Etologi (Perilaku Hewan) (7%): konsep etologi dan metode etologi.
g. Genetika dan Evolusi (10%): sejarah genetika dan hukum hereditas, genetika populasi, mendeduksi genotip dan menentukan kelamin secara genetic, interaksi gen, bukti evolusi dan teori seleksi alam, perkembangan konsep evolusi, mikroevolusi dan evolusi transpesifik, perubahan evolusioner dalam populasi.
h. Ekologi (6%): sejarah dan ruang lingkup biologi, ekosistem, spesies dan spesiasi, ekologi populasi, siklus biogeokimia.
i. Ilmu Lingkungan (15%)
j. Biosistematika (Taksonomi) (6%): sistematika tumbuhan berpembuluh, taksonomi tumbuhan tidak berpembuluh, taksonomi fungi, organisasi tubuh hewan, penentuan taksonomi (kunci determinasi).

 

Informasi:
Untuk informasi lebih lanjut mengenai LCTB 2013, dapat menghubungi
Azmah Mardhiyah (085781092822) - Twitter: @azuumah

Chemistry Challenge - CC 2013

2013-08-26 13:17:23


Pelaksana: Ikatan Mahasiswa Kimia (IMASIKA)
Ketua: Beni Pambudi

Penjelasan Umum
    Kimia adalah ilmu yang mempelajari materi dan perubahannya. Orang beranggapan bahwa ilmu kimia dikerjakan di laboratorium oleh seseorang yang mengenakan jas putih yang mempelajari sesuatu dalam tabung reaksi. Sebagian besar ilmu kimia merupakan ilmu percobaan dan diperoleh melalui penelitian di laboratorium. Hal ini tidak sepenuhnya benar karena analisis kimia dapat dilakukan menggunakan software pendukung. Penelitian canggih di berbagai bidang dilakukan pada tingkat atom dan molekul – unit struktural dasar dari ilmu kimia. Penerapan kimia sangat luas, sehingga kimia disebut sebagai “ilmu inti”.
    Chemistry Challenge 2013 merupakan bagian dari rangkaian acara dari Pesta Sains Nasional yang diselenggarakan oleh Ikatan Mahasiswa Kimia. Chemistry Challenge 2013 bertujuan untuk mewadahi minat dan bakat siswa/i SMA/MA - Sederajat dalam ilmu kimia sebagai ilmu inti. Chemistry Challenge 2013 terdiri atas 3 tahapan seleksi. Tahapan pertama adalah seleksi pada hari pertama. Sedangkan semifinal dan final pada hari kedua. Peserta yang lolos ke babak semifinal adalah 10 kelompok terbaik dan akan dibagi ke dalam dua sesi untuk mengikuti babak studi kasus dan trivia. Dua tim terbaik pada tiap sesi di babak semifinal akan masuk ke babak final yang merupakan babak praktikum. Praktikum dilakukan oleh seluruh kelompok secara bersamaan dalam waktu 45 menit di Laboratorium Kimia Analitik Departemen Kimia IPB. Kemudian peserta mempresentasikan hasil praktikum dengan menggunakan alat bantu berupa OHP dan terdapat sesi tanya jawab oleh juri.

Ketentuan Perlombaan
1. Semua peserta wajib mematuhi peraturan yang telah ditetapkan oleh panitia
2. Setiap tim terdiri atas 3 orang yang masih berstatus siswa SMA/MA - Sederjat dari sekolah yang sama.
3. Setiap sekolah dapat mengirimkan lebih dari satu tim.
4. Peserta minimal mengetahui dan mengenal dasar – dasar praktikum di laboratorium.
5. Peserta yang telah mengikuti babak penyisihan dan lolos ke babak selanjutnya tidak dapat digantikan dengan alasan apapun.
6. Peserta diperkenankan menggunakan kalkulator.
7. Peserta dilarang membawa dan menggunakan alat komunikasi apapun selama mengikuti rangkaian acara perlombaan.
8. Peserta dilarang membawa catatan dalam bentuk apapun.
9. Guru pembimbing dan para suporter dilarang memberikan bantuan kepada peserta dalam bentuk apapun
10. Peserta yang melanggar ketentuan perlombaan akan dikenakan sanksi berupa diskualifikasi.

Kisi-kisi
1. Kimia Organik: meliputi materi tentang gugus fungsi senyawa, Tatanama, reaksi senyawa organik sederhana (25%).
2. Kimia Fisik: meliputi materi tentang energi dan perubahannya, entropi, entalpi, energi bebas Gibbs, sifat koligatif larutan, kimia permukaan dan katalis, serta aspek-aspek fisis lainnya (25%).
3. Kimia Analitik: meliputi materi tentang perhitungan rendemen, pemilihan metode kerja, indikator, titrasi asam-basa, kompleks, dan teori-teori kimia analitik sederhana (25%).
4. Kimia Anorganik: meliputi materi tentang karakteristik dan reaksi senyawa anorganik serta tabel periodik (25%).

 

Informasi:
Untuk informasi lebih lanjut mengenai CC 2013 dapat menghubungi
Fitria Pelangi (08568215913) - Twitter: @fitriapelangi

Kompetisi Statistika Junior - KomStat.Jr 2013

2013-10-02 22:39:45


Pelaksana : Gamma Sigma Beta
Ketua : Doni Saun Saputra

Penjelasan Umum
Kompetisi Statistika Junior (KomStat.Jr) merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan Himpunan Keprofesian Gamma Sigma Beta (GSB) yang bekerja sama dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FMIPA Institut Pertanian Bogor (IPB) dalam rangkaian kegiatan Pesta Sains Nasional 2013. Kegiatan KomStat.Jr ini bertujuan untuk memacu kemampuan siswa SMA/sederajat untuk memahami konsep-konsep dasar statistika. Dengan demikian, kegiatan KomStat.Jr ini diharapkan mampu mengantarkan siswa untuk menguraikan suatu permasalahan melalui pemecahan masalah atau pencarian solusi dengan tujuan tertentu.
KomStat.Jr 2013 merupakan lomba individual yang terdiri dari tiga babak, yaitu babak penyisihan, babak semifinal dan babak final. Pada babak penyisihan peserta mengerjakan tes tertulis dengan alokasi waktu 120 menit. Dalam babak penyisihan ini akan diambil 15 peserta terbaik untuk masuk ke babak semifinal. Pada babak semifinal akan diberikan studi kasus yang diselesaikan dengan bantuan software dalam waktu 120 menit. Kemudian diambil 5 peserta terbaik untuk masuk babak final. Pada babak final, peserta memecahkan sebuah masalah dalam bentuk presentasi dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh juri.

Kisi-Kisi Soal Kompetisi Statistika Junior 2013
1. Statistika deskriptif : menyajikan data dengan tabel dan diagram, ukuran statistik, dan sebaran frekuensi.
2. Peluang : kaidah pencacahan, peluang suatu kejadian, kejadian majemuk, dan aksioma peluang.
3. Matriks: pengertian, notasi dan ordo matriks, matriks khusus, operasi dasar pada matriks, operasi baris dasar pada matriks, determinan, dan invers matriks.
4. Regresi linear sederhana dan korelasi: pengertian regresi linear sederhana dan korelasi, korelasi pearson, parameter regresi, model regresi dan analisis ragam.

Persentase Materi Penyisihan
1. Statistika deskriptif : 20%
2. Peluang : 40%
3. Matriks : 20%
4. Regresi linear sederhana dan korelasi : 20%

 

Informasi :
Untuk informasi lebih lanjut mengenai KomStat.Jr 2013 dapat menghubungi
Raedi Hermawan (081314818828) - Twitter : @raedihermawan

Lomba Karya Ilmiah Populer - LKIP 2013

2013-10-02 22:40:51


Pelaksana: Community of Research and Education in Biochemistry Students
Ketua: Galih Tridarna Poetra

Biochemist The Explorer
“Contribution of Biochemistry in Golden Science”

Deskripsi Umum
Biokimia saat ini menjadi ilmu dasar bagi berbagai disiplin ilmu terapan. Perlu ditekankan bahwa perkembangan ilmu terapan yang ada saat ini tidak pernah bisa lepas dari pengembangan ilmu dasar. Pada perkembangannya saat ini, biokimia mendasari riset-riset mengenai perkembangan tanaman bibit unggul melalui rekayasa genetika, penemuan obat-obatan alami untuk penyakit degeneratif, teknologi enzim dan deteksi bahan terlarang dalam bahan pangan, serta industri non migas seperti pengolahan kelapa sawit, bioenergi dan sebagainya. Kehadiran ide-ide baru dibidang ilmu biokimia diharapkan dapat meningkatkan kontribusi para ilmuan muda. Alasan tersebutlah yang mendorong kami untuk mengadakan Lomba Karya Ilmiah Populer (LKIP) se-Indonesia. Lomba ini diharapkan dapat menjadi stimulus bagi generasi muda Indonesia untuk mengembangakan ide-ide kreatif, inovatif dan bermanfaat bagi kemaslahatan bangsa. Lebih khusus lagi diharapkan bagi peserta untuk dapat menuangkan ide berdasarkan potensi sumber daya alam di Indonesia yang berupa keanekaragaman hewan, tumbuhan dan mikroba yang dapat menjadi objek untuk dikaji manfaatnya. Lomba karya ilmiah ini bekerja sama dengan BEM Fakultas Matematika dan Imu Pengetahuan Alam, Institut Pertanian Bogor. Lomba Karya Ilmiah Populer (LKIP) ini merupakan salah satu sub-kegiatan dari acara Pesta Sains Nasional 2013.

Deskripsi Acara
Peserta Pesta Sains Nasional mata lomba LKIP Biokimia tidak mengikuti babak penyisihan seperti peserta lainnya. Khusus untuk peserta mata lomba LKIP akan mengikuti kegiatan seminar pada hari pertama Pesta Sains. Selanjutnya pada hari kedua peserta akan mempresentasikan karyanya sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Persyaratan dan Petunjuk Penulisan
A. Persyaratan administratif
1. Tema LKIP 2013 adalah “Contribution of Biochemistry in Golden Science ”. Tema lomba ini mengarahkan peserta untuk menulis karya tulisnya berdasarkan potensi sumber daya alam di Indonesia. Terdapat tiga subtema tulisan yang dapat dipilih oleh peserta. Ketiga subtema LKIP Biokimia 2013 adalah sebagai berikut:
o Potensi bahan alam (tanaman, hewan, mikroba, jamur, dll) sebagai diversisfikasi pangan, alternanif pangan, dan teknologi pengolahan pangan.
o Potensi bahan alam (tanaman, hewan, mikroba, jamur, dll) sebagai bahan dasar obat untuk penyakit degenarif (contoh : jantung, diabetes, asam urat, osteoporosis, dll).
o Potensi bahan alam (tanaman, hewan, mikroba, jamur, dll) sebagai bahan baku teknologi bioenergi (bioetanol, biodiesel, dll) dan teknologi biofarming (pupuk organik, biopestisida).
2. Peserta lomba karya ilmiah adalah siswa/siswi SMA yang masih aktif. Status kesiswaan dibuktikan dengan photocopy Kartu Tanda Pelajar dan surat keterangan dari kepala sekolah dan disertakan dalam pengiriman.
3. Setiap karya ilmiah harus ditulis oleh 1 tim yang terdiri atas 3 siswa yang dipandu oleh seorang guru pembimbing. Setiap sekolah berhak mengirimkan maksimal tiga tim untuk mengikuti lomba karya ilmiah.
4. Seorang guru pembimbing juga diperkenankan membimbing lebih dari satu kelompok penyusun karya ilmiah.
5. Karya ilmiah dijilid rapi dengan sampul berwarna hijau.
6. Karya ilmiah diserahkan dalam bentuk hardcopy sebanyak tiga (3) rangkap.
7. Pada bagian akhir karya, menyertakan halaman biodata penulis dan guru pembimbing mencakup nama, tempat tanggal lahir, kelas (untuk siswa), alamat dan telepon sekolah, prestasi yang pernah diraih (jika ada), dan menyertakan pasfoto ukuran 3x4 (masing-masing 3 lembar) pada saat pengiriman.
8. Peserta yang lolos seleksi direkomendasikan untuk membuat poster ukuran A3, yang dapat dibawa pada saat registrasi (poster tidak di wajibkan, tetapi menjadi poin tambahan).
9. Peserta yang dinyatakan lolos dalam seleksi karya tulis, wajib mengikuti presentasi hasil karya masing-masing yang bertempat di kampus IPB Dramaga, panitia menyediakan penginapan untuk peserta beserta guru pendamping.

B. Persyaratan Penulisan
1. Karya ilmiah belum pernah diterbitkan/dipublikasikan sebelumnya (naskah yang pernah diterbitkan di suatu jurnal dan naskah yang pernah memenangkan suatu lomba penulisan ilmiah tidak berhak lagi diajukan sebagai naskah dalam lomba ini).
2. Sifat dan isi tulisan harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut.
a. Kreatif dan Objektif
? Tulisan merupakan hasil penelitian yang menawarkan solusi suatu permasalahan yang berkembang di masyarakat.
? Tulisan tidak bersifat emosional dan tidak subjektif.
? Tulisan didukung data dan informasi terpercaya.
? Bersifat asli (bukan karya jiplakan) dan menjauhi duplikasi.
b. Logis dan Sistematis
? Tiap langkah penulisan dirancang secara sistematis dan tuntut.
? Pada dasarnya karya tulis ilmiah memuat unsur-unsur identifikasi masalah, pembahasan, kesimpulan dan sedapat mungkin memuat saran-saran.
c. Isi tulisan berdasarkan telaah pustaka
3. Naskah ditulis menggunakan aplikasi pengolah kata Microsoft Word.
4. Naskah ditulis minimal 10 halaman tidak termasuk sampul, daftar isi, daftar pustaka dan lampiran. Jumlah halaman yang tidak sesuai dengan ketentuan tersebut dapat mengurangi penilaian.
5. Bahasa Indonesia yang digunakan hendaknya baku dengan tata bahasa dan ejaan yang disempurnakan (EYD), sederhana, jelas, satu kesatuan, mengutamakan istilah yang mudah dimengerti, tidak menggunakan singkatan seperti “tdk”, “tsb”, “yg”, “dgn”, “sbb”, “dll”.
6. Karya ilmiah dikirimkan dalam amplop coklat dengan mencantumkan kode lomba (BIK) di kiri atas dan dikirim paling lambat 23 September 2013 (cap pos) ke alamat:
Panitia Pesta Sains Nasional 2013
Sekretariat BEM FMIPA IPB
Gedung Student Centre Fakultas Matematika dan IPA
Jalan Meranti Kampus IPB Dramaga, Bogor 16680
Jawa Barat, Indonesia
7. Pengumuman bagi yang lolos seleksi akan dilakukan pada tanggal 23 Oktober 2013 melalui jaringan telekomunikasi, website Pesta Sains Nasional 2013 (http://pestasains.ipb.ac.id) dan website Himpunan Profesi Biokimia (www.crebs.lk.ipb.ac.id).
8. Kelompok/tim yang lolos seleksi akan menjadi finalis untuk presentasi atau penyajian karya tulisnya yang bertempat di kampus IPB Dramaga.
9. Kelompok/tim finalis direkomendasikan membuat poster sebagai poin tambahan penilaian yang dibawa pada saat registasi.

C. Sistematika Penulisan Karya Tulis
1. Judul
Judul tulisan hendaknya menggambarkan isi pokok tulisan secara ringkas dan jelas. Nama-nama penulis ditulis tepat di bawah judul, disertai dengan alamat sekolah penulis dan guru pembimbing.
2. Pendahuluan
Pendahuluan merupakan gambaran umum dari observasi awal dan fenomena mengenai topik yang diangkat. Latar belakang, rumusan masalah, tujuan dari karya ilmiah serta manfaat untuk waktu yang akan datang, ditunjukkan di dalam pendahuluan.
3. Tinjauan Pustaka
Tinjauan pustaka mengemukakan tentang teori-teori yang mendasari pembahasan dan isinya sesuai dengan tema.
4. Metode
Metode meliputi waktu, tempat, alat dan bahan, serta prosedur percobaan yang telah dilakukan

5. Pembahasan
Umumnya berisi uraian dan analisis berkaitan dengan masalah yang akan dikemukakan. Pembahasan tentang pertanyaan-pertanyaan yang timbul dari dugaan ilmiah yang dapat bermanfaat untuk kelanjutan bagi pengetahuan di masa mendatang. Pemecahan masalah yang berhasil dilakukan perbedaan dan persamaan dari hasil pengamatan terhadap informasi yang ditemukan dalam berbagai pustaka perlu mendapatkan cacatan di sini.
6. Simpulan dan Saran
Simpulan merupakan bagian akhir tulisan yang membawa pembaca keluar dari pembahasan. Secara umum simpulan menunjukkan jawaban atas tujuan yang telah dikemukakan dalam pendahuluan. Saran merupakan masukan dari penyusun tentang ulasan karya ilmiah yang telah dibuat. Saran juga dapat merupakan anjuran untuk menindaklanjuti karya ilmiah yang telah dibuat.
7. Daftar Pustaka
Daftar Pustaka ditulis untuk memberi informasi sehingga pembaca dapat dengan mudah menemukan sumber yang disebutkan.
Formatnya:
o Penulisan daftar pustaka untuk buku
Nama pengarang. Tahun penerbitan. Judul Buku. Tempat terbit: Penerbit.
Wirahadikusumah M. 1989. Biokimia. Bandung: ITB Pr.
o Penulisan daftar pustaka untuk jurnal
Nama pengarang. Tahun. Judul Artikel. Nama jurnal Nomor volume: Halaman.
Johnson MW. 1987. Parasitization of Liriomyza spp. J Econ Entomol 1987. 80:61.
o Penulisan daftar pustaka untuk lembaga atau organisasi sebagai pengarang
[Organisasi/Lembaga]. Tahun. Judul Buku. Tempat terbit: Penerbit.
[Depdikbud] Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia Ed ke-3. Jakarta: Balai Pustaka.
o Artikel tanpa pengarang
[Anonim]. Tahun. Judul Artikel. Tempat penulisan artikel Volume: Halaman
[Anonim]. 1976. Epidemiology for primary health care. Int J Epidemiol 13: 4-12.
o Penulisan daftar pustaka untuk buku dengan editor
Nama pengarang, editor. Tahun terbit. Judul Buku. Tempat terbit: Penerbit.
Gilman AG & Taylor P, editor. 1990. The Pharmacological Basis of Therapeutics Ed ke-8. New York: Pergamon.
o Penulisan daftar putaka untuk buku terjemahan tanpa editor
Nama pengarang. Tahun terbit. Judul buku. Nama penerjemah, penerjemah. Tempat terbit: penerbit
Lehniger AL. 1982. Dasar-dasar Biokimia Ed ke-2. Thenawidjaja M, penerjemah. Jakarta: Erlangga.
o Artikel dari Publikasi Elektronik (Website)
Nama pengarang. Tahun terbit. Judul artikel. Nama tepat tulisan Volume/Nomor: Halaman. Tipe Media. Tanggal Akses.
Sukadana IM, Santi SR, Juliarti NK. 2008. Aktivitas Antibakteri Senyawa Golongan Triterpenoid dari Biji Pepaya. Jurnal Kimia 1(2):1. http://www.ejournal.unud.ac.id/abstrak/j-kim-v1%20.pdf. [15 April 2010].
8. Daftar Riwayat Hidup (biodata atau curriculum vitae) peserta minimal mencakup nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, karya-karya ilmiah yang pernah dibuat, penghargaan-penghargaan ilmiah yang pernah diraih.
9. Lampiran jika diperlukan, seperti: foto/dokumentasi, data dan informasi lainnya yang mendukung isi tulisan.

D. Kriteria Pembuatan Poster
Poster dibuat sekreatif mungkin dan mencakup poin-poin di bawah ini:
1. Judul
2. Latar belakang
3. Keunggulan
4. Metode
5. Visualisasi produk

 

Informasi:
Untuk informasi lebih lanjut mengenai LKIP 2013 dapat menghubungi
Siti Nuraeni (085695220867) - Twitter: @lkip2013
Email: timsuslkip2013@gmail.com

Kompetisi Fisika - KF 2013

2013-08-26 13:43:56


Pelaksana: Himpunan Mahasiswa Fisika IPB
Ketua: Rudi

Penjelasan Umum
    Kompetisi Fisika (KF) adalah suatu ajang kompetisi di bidang fisika yang berupa teori dan eksperimen untuk meningkatkan kemampuan siswa/i SMA/sederajat dalam memahami dan mengaplikasikan ilmu fisika. Dengan Kompetisi Fisika (KF) diharapkan akan terpilih fisikawan dan fisikawati muda berbakat yang akan memajukan negeri ini dengan ilmu pengetahuan dan teknologi. Jika kita lihat negara-negara barat yang sangat maju, kemajuan yang mereka tidak dapat terlepas dari betapa menghargainya mereka terhadap ilmu pengetahuan. Bahkan demi kemajuan ilmu pengetahuan mereka mengorbankan tidak sedikit materi, energi, dan waktu demi kemajuan ilmu pengetahuan. Kami sebagai mahasiswa pun ingin bangsa ini maju dengan ilmu pengetahuan. Hal inilah yang mendorong kami hadirkan sebuah ajang berupa Kompetisi Fisika (KF) yang akan memunculkan bakat-bakat yang luar biasa.
    Dengan Kompetisi Fisika (KF) ini fisika akan menjadi lebih dahsyat dan semakin mudah diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Para jenius fisika akan melawan soal-soal pilihan ganda yang merupakan jelmaan masalah kehidupan nyata dimana kita dipaksa memilih diantara banyak pilihan yang membuat kita berfikir untuk membuat keputusan yakni memilih satu pilihan yang terbaik dalam hidup. Jika mereka telah melewatinya maka dihadapan mereka telah menyambut soal essai yang merupakan perwujudan dari masalah besar yang belum memiliki gambaran penyelesaiannya. Terakhir sebelum mereka mendapat gelar sebagai pemenang Kompetisi Fisika (KF), mereka harus benar-benar dapat menyelesaikan sebuah eksperimen secara sempurna. Sebab itu adalah suatu gambaran masa depan mereka. Saat mereka menciptakan sesuatu haruslah benar-benar sempurna dan tidak boleh memiliki kesalahan karena menyangkut ribuan nyawa jika kelak mereka menciptakan suatu alat yang berguna dalam kehidupan. Jika telah melewati seluruh tahapan maka diperoleh jagoan fisika baru yang disebut ”Juara KF 2013”.

Aturan Peserta
1. Peserta Kompetisi Fisika (KF) adalah siswa atau siswi SMA/sederajat yang masih aktif dan terdaftar dalam Kompetisi Fisika (KF) 2013.
2. Peserta yang telah mendaftarkan diri pada Kompetisi Fisika 2013 wajib mengikuti serangkaian kegiatan yang telah ditetapkan oleh panitia.
3. Bagi peserta yang berhalangan hadir mengikuti KF boleh digantikan oleh peserta lainnya dengan syarat melakukan registrasi ulang maksimal H-2 hari sebelum
pelaksanaan KF 2013.
4. Peserta WAJIB HADIR tepat waktu untuk setiap lomba baik babak penyisihan, semifinal, dan babak final. Jika terlambat dengan memberikan konfirmasi maksimal 1
jam sebelum acara dimulai, akan diberikan toleransi waktu selama 15 MENIT dengan tidak adanya penambahan waktu.
5. Peserta yang lolos pada setiap babak tidak boleh digantikan oleh peserta lainnya untuk mengikuti babak selanjutnya.
6. Peserta yang tidak hadir pada setiap babak tanpa adanya pengganti dianggap gugur dan terseleksi pada babak tersebut.
7. Berpakaian Seragam Sekolah Asal (Batik atau PutihAbu-abu), RAPI (tidak dikeluarkan bajunya) dan SOPAN sesuai dengan peraturan sekolah masing-masing.
8. Peserta HARUS berperilaku sopan dan santun sesuai dengan norma dan etika yang berlaku di masyarakat.

Kisi-Kisi
1. Mekanika (25%): Gerak 1 dan 2 dimensi, Hukum Newton, Usaha dan Energi,
Momentum dan Impuls, Gerak Rotasi; Osilasi; dan Fluida.
2. Termodinamika (20%): Suhu dan kalor; Sifat termal materi; Hukum pertama termodinamika; dan Hukum kedua termodinamika.
3. Gelombang (15%): Gelombang Mekanik; Bunyi dan Efek Doppler; Sifat dan Perambatan Cahaya; dan Interferensi dan Difraksi.
4. Listrik (20%): Muatan Listrik; Medan Listrik; Hukum Gauss; Potensial Listrik; Kapasitansi; Arus; Hambatan; Tegangan Gerak Elektrik; dan Hukum Kirchoff.
5. Magnet (10%): Medan Magnetik; Gaya Magnetik; dan Arus Bolak-balik.
6. Fisika Modern (10%): Kontraksi Panjang; Dilatasi Waktu; Transformasi Lorentz; Fisika inti; dan Fisika partikel.

 

Informasi:
Untuk informasi lebih lanjut mengenai KF 2013 dapat menghubungi
Dadi Irawan (0857 7547 4773) - Email: dadi_irawan38@yahoo.co.id

Programming Competition - PC 2013

2013-10-02 06:39:40


Pelaksana: Himpunan Mahasiswa Ilmu Komputer
Ketua: Tri Ardhini

Penjelasan Umum
Pemrograman merupakan inti dari dunia Informasi dan Teknologi (IT). Mereka yang berkecimpung di dunia IT memerlukan pemahaman pemrograman yang baik. Dalam rangka menyediakan sarana pembelajaran dan untuk menumbuhkan jiwa cinta pemrograman pada generasi muda, HIMALKOM (Himpunan Mahasiswa Ilmu Komputer) Departemen Ilmu Komputer Institut Pertanian Bogor menyelenggarakan Programming Competition (PC) 2013. Acara ini merupakan bagian dari kegiatan Pesta Sains Nasional 2013 yang diselenggarakan oleh BEM Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Institut Pertanian Bogor (IPB).
Peserta PC 2013 adalah siswa/i SMA/Sederajat yang berada di seluruh Indonesia. PC merupakan kompetisi untuk mendapatkan problem solving dari masalah yang ada menggunakan bahasa pemrograman. Seluruh peserta akan mengikuti babak penyisihan secara online, dan yang berhasil lolos akan mengikuti babak final secara onsite di kampus IPB.

Pendaftaran
1. Peserta dapat mendaftar di http://pestasains.ipb.ac.id melalui form online yang disediakan.
2. Pendaftaran ditutup pada tanggal 5 Oktober 2013.
3. Peserta yang akan mengikuti penyisihan membayar Rp 50.000,00 dari total Rp 150.000,00 biaya kompetisi (rincian penggunaan biaya bisa dilihat di buku panduan). Bukti pembayaran, formulir pendaftaran sekolah, formulir pendaftaran peserta, dan formulir pembayaran dapat dikirimkan melalui (pilih salah satu):
A. Email: pestasainsipb@gmail.com
Subject: NAMASEKOLAH_PSN_2013
Nama Attachment (rar): NAMASEKOLAH_PSN_2013
B. Fax: 0251-862 16 38
C. Pos:
Panitia Pesta Sains Nasional 2013
Sekretariat BEM FMIPA IPB
Gedung Student Center Fakultas Matematika dan IPA
Jalan Meranti Kampus IPB Dramaga, Bogor 16680 Jawa Barat
Dan diterima paling lambat tanggal 8 Oktober 2013 oleh panitia.
(Jika satu sekolah juga mengikuti lomba selain PROGRAMMING, bukti pembayaran, formulir pendaftaran sekolah, formulir pendaftaran peserta, dan formulir pembayaran disatukan dengan lomba yang lain)
4. Peserta yang telah dikonfirmasi bukti pembayarannya akan menerima username dan password melalui email yang akan digunakan untuk sesi latihan yang dibuka selama 3 hari menggunakan grader server IPB (waktu diinformasikan lebih lanjut).
5. Sisa pembayaran Rp 100.000,00 akan dibayarkan apabila peserta yang bersangkutan lolos ke babak semifinal yand dilaksanakan onsite di kampus IPB. Pembayaran dapat dilakukan paling lambat tanggal 3 November 2013.
6. Tanda bukti sisa pembayaran dapat dikirim paling lambat tanggal 4 November 2013 melalui pilihan pengiriman di atas.

Panduan Umum
1. Perlombaan bersifat perorangan.
2. Setiap sekolah boleh mengirim perwakilan lebih dari satu orang.
3. Peserta merupakan siswa/i SMA/sederajat.
4. Tidak diperbolehkan membawa catatan dalam bentuk apapun dalam ruangan kompetisi.
5. Source code yang dikirim maksimal 100KB dan bisa dicompile oleh server kurang dari 30 detik.
6. Setiap program jawaban menerima masukan dari standard input (keyboard) dan mengeluarkan hasil melalui standard output (monitor).
7. Program yang dikirim bisa menerima beberapa verdict (keputusan) dari grader, yaitu:
• Accepted : Program yang disubmit berhasil lolos semua testcase yang diberikan.
• Wrong Answer : Program memberikan output yang tidak sama dengan testcase yang diberikan.
• Pending : Program yang anda kirim masih dalam proses grading, tunggu beberapa saat
untuk melihat hasil.
• Compile Error : Program yang anda kirim gagal di compile oleh server.
• Runtime Error : Program berhasil di compile, namun error terjadi saat program dijalankan.
• Time Limit : Program berjalan lebih dari batasan waktu yang diberikan di soal.
• Memory Limit : Program membutuhkan memory yang lebih besar dari batasan pada soal.
8. Verdict dari grader dan scoreboard saat lomba hanya berdasarkan beberapa testcase dari seluruh testcase
soal.
9. Grading ulang dengan seluruh testcase akan dilakukan setelah waktu lomba selesai.
10. Penilaian berdasarkan pada jumlah testcase yang benar pada grader. Misal untuk satu soal dari 10 testcase, program yang dikirimkan memberikan jawaban benar hanya 3 testcase, maka nilai yang diperoleh pada soal tersebut adalah 30.
11. Scoreboard akan di-freeze 15 menit terakhir.
12. Bahasa pemrograman yang diperbolehkan adalah C, C++, Pascal.
13. Selama perlombaan peserta dilarang untuk:
• Berkomunikasi dengan peserta lain
• Mengganggu peserta lain
• Makan atau minum di dalam ruangan kompetisi
• Mengganggu jalannya kompetisi dalam bentuk apapun. Melakukan hal-hal yang berpotensi merusak peralatan computer (membanting mouse, memukul keyboard keras-keras, dll)
14. Peserta yang melanggar pelanggaran diatas akan didiskualifikasi.
15. Keputusan juri adalah final dan tidak dapat diganggu gugat.

 

Informasi:
Untuk informasi lebih lanjut mengenai PC 2013 dapat menghubungi
Tri (085212168410) - Twitter: @triardn

Meteorologi Interaktif - Metrik 2013

2013-08-26 12:50:01


Pelaksana: Himpunan Mahasiswa Agrometeorologi
Ketua: Ikrom Mustofa

Penjelasan Umum
    Atmosfer sebagai lapisan yang menyelimuti bumi memiliki berbagai fenomena yang selalu berubah dengan kecepatan yang sulit diprediksi. Perubahan-perubahan tersebut dapat dipelajari dalam sebuah disiplin ilmu yaitu meteorologi. Salah satu fenomena atmosfer yang terasa dampaknya saat ini adalah pemanasan global sehingga berimplikasi terhadap berubahnya siklus iklim global yang sering disebut climate change atau perubahan iklim. Oleh karena itu, untuk menghadapi perubahan-perubahan yang terjadi, kita harus memiliki bekal ilmu pengetahuan agar dapat memahami dan mengatasi segala perubahan yang merugikan. Perkenalan terhadap dunia meteorologi akan diwujudkan dalam kegiatan Meteorologi Interaktif yang merupakan salah satu program kerja Himpunan Profesi Mahasiswa Agrometeorologi (HIMAGRETO) Institut Pertanian Bogor.
    Meteorologi interaktif (METRIK) merupakan sub kompetisi dari Pesta Sains Nasional 2013 yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (BEM FMIPA) IPB. Acara ini merupakan ajang para siswa/siswi SMA (sederajat) untuk berlomba pengetahuan mengenai ruang lingkup Meteorologi. Selain METRIK, HIMAGRETO juga akan mengadakan lomba Inovasi Instrumentasi Meteorologi (LINSMET). Acara tersebut merupakan ajang kreatifitas peserta dalam menginovasi teknologi yang berguna berbasis Meteorologi.

Aturan peserta
1. Peserta adalah pelajar SMA atau sederajat. Setiap sekolah berhak mengirimkan perwakilannya maksimal sebanyak 5 tim.
2. Peserta harus melalui tiga tahapan dalam perlombaan yaitu penyisihan, semifinal dan final.
3. Peserta wajib mematuhi peraturan yang telah ditetapkan panitia sesuai dengan peraturan umum.
4. Peserta yang telah lolos pada babak penyisihan wajib meneruskan ke babak selanjutnya dan tidak boleh digantikan oleh peserta lainnya.
5. Peserta yang tidak hadir pada babak penyisihan dianggap telah mengundurkan diri.
6. Peserta diperkenankan membawa kalkulator kecuali pada babak penyisihan.
7. Babak Penyisihan diikuti sebanyak dua orang untuk setiap tim.

Kisi-kisi
1. Meteorologi dan klimatologi (50%)
Pengetahuan tentang atmosfer, hidrosfer, litosfer dan biosfer, unsur iklim, proses pembentukan iklim, sebaran, variasi dan klasifikasi iklim dunia.
2. Fisika (20%)
Suhu dan kalor, tata surya, fluida, termodinamika, mekanika:kinematika dan dinamika.
3. Matematika (20%)
Turunan dan integral, aljabar elementer, persamaan kuadrat.
4. Pengetahuan umum (10%)
Mengenai isu-isu fenomena cuaca terkini.

Lomba Inovasi Instrumentasi Meteorologi (LINSMET)

Deskripsi
    Lomba ini adalah ajang kreatifitas peserta dalam menginovasi teknologi yang berguna dalam bidang meteorologi. Setiap peserta wajib mengirimkan maksimal 2 karya. Karya yang di buat atas nama SMA masing-masing. 5 karya terbaik akan dipilih kemudian dipresentasikan pada saat acara Meteorology Interaktif (METRIK) 2013.

Kategori Peserta
    Lomba Inovasi Instrumentasi Meteorologi (LINSMET) WAJIB diikuti oleh setiap SMA yang mengikuti Lomba Meteorologi interaktif (METRIK). Setiap SMA WAJIB mewakili 2-5 orang siswanya untuk mengikuti lomba ini.

Tema Lomba
“Energi alternatif berbasis meteorologi sebagai upaya menghadapi krisis energi.”

 

Informasi:
Untuk informasi lebih lanjut mengenai METRIK dan LINSMET 2013 dapat menghubungi
Fauzan (085719300735) - Facebook : Fauzan A Fikri

Pengumuman Finalis STEM

2013-11-10 12:03:33


Berikut ini adalah daftar nama Finalis Lomba Inovasi STEM untuk Siswa

No Nama Sekolah Judul Guru Pendamping Nomor yg bisa dihubungi
1 Mochamad Iman Nursetiyo - Naufal Ismail Kreshnaviyanto SMA Islam Nurul Fikri Boarding School Lembang Perpetual Motion Sebagai Sumber Energi Alternatif Venny Genia Pramudhita, S.Si  
2 Destina Puspitawati - Indah Ratnasari SMA  Negeri 1 Leuwiliang Pembuatan Obat Nyamuk dari Kulit Kacang dan Daun Sirih Ir. Nana, M.Si 08989514646/ 085890290478
3 Umi Qoniatul Rohmah - Umul Maghfiroh SMA Negeri 1 Ponorogo Mempermudah Menyelesaikan Soal Kombinasi Dengan Tabel Kombinasi Drs. Suroso (0352) 481145
4 Shahnaz Ratu Hasanah - Lusiyana SMA Kornita Mengendalikan Populasi Larva Nyamuk Dengan Juvenile Berbagai Jenis Ikan Air Tawar Endang Tri Widyastuti, S.Pt (0251) 8621246
5 Nada Husna - Rosa Nur Pradita SMA Kornita Pemanfaatan Kerang Air Tawar Untuk Menjernihkan Air di Akuarium atau Kolam Ikan Titi Sawitri Ertifa (0251) 8621246
6 Indah Monika Sari - Mikha Kristiani SMA Kornita Pembuatan Tepung Dari Jamur Tiram (Pleurotusostreatus) Sebagai Bahan Campuran Kue/Makanan Irma Silvianti, S.P (0251) 8621246
7 Marinda Amalia Rofah - Endang Setyoningsih SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo Nugget Tungsang (Jantung Pisang) Sebagai Bahan Makanan Kaya Gizi drh. Moch Sachrur Rochman 85708540870
8 Lufiana Puspita Ratri - Isnana Ade Pratiwi SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo Pemanfaatan Kangkung Sebagai Bahan Pembuatan Jenang Kangkung drh. Moch Sachrur Rochman 85708540904

 

dan berikut ini adalah daftar nama Finalis Lomba Inovasi STEM untuk Guru

No Nama Sekolah Judul Nomor yg bisa dihubungi
1 Zainal Abidin SMA Negeri 3 Bandar Lampung Penggunaan Inkuiri Ilmiah Melalui Fasilitas Metakognitif Dalam Pembelajaran Fisika 85768893129
2 Hilda Nurul Hikmah MAN 2 Kota Sukabumi Optimalisasi Penggunaan Teknologi Informasi Sekolah (Software Geogebra 4.4.0, Camtasia Recorde dan Facebook) Untuk Mengembangkan Kapasitas Guru dan Kemampuan Matematis Siswa 85659485651

Pengumuman Hasil Linsmet

2013-10-28 14:01:01


Asslmlkm ww. Salam sejahtera untuk kita semua. 

Berikut ini kami tautkan file hasil penyisihan Lomba Inovasi Instrumentasi Meteorologi (LINSMET),

silakan klik link di bawah.

Pengumuman Hasil Linsmet

Daftar Peserta Semi Final Programming Competition

2013-11-01 16:52:58


Assalamualaikum

Selamat kepada para peserta PC yang telah lolos ke babak semifinal. berikut nama nama peserta yang lolos ke babak semifinal yang akan diadakan tanggal 8 november 2013 di IPB Dramaga Bogor

klik di sini untuk melihat

bagi peserta yang namanya tertera di atas, harap mengirimkan sms konfirmasi dengan format

Nama (spasi) Asal Sekolah

ke 085212168410. ditunggu PALING LAMBAT 2 NOVEMBER 2013.

Terima kasih

Daftar Peserta Semi Final Programming Competition

2013-11-01 16:52:59


Assalamualaikum

Selamat kepada para peserta PC yang telah lolos ke babak semifinal. berikut nama nama peserta yang lolos ke babak semifinal yang akan diadakan tanggal 8 november 2013 di IPB Dramaga Bogor

klik di sini untuk melihat

bagi peserta yang namanya tertera di atas, harap mengirimkan sms konfirmasi dengan format

Nama (spasi) Asal Sekolah

ke 085212168410. ditunggu PALING LAMBAT 2 NOVEMBER 2013.

Terima kasih

Panitia Pelaksana Pesta Sains 2011 - Sekretariat BEM FMIPA IPB, Gd Student Centre FMIPA IPB Darmaga Bogor.
Nomor Telepon : (0251) 8621638 - Contact Person : De Budi Sudarsono : 085692959128.
Untuk tampilan terbaik, gunakan Chrome 2.0+ atau Firefox 3.6+